Kamis, 19 April 2012

Wisata Makam Sunan Bonang Tuban


Sunan Bonang merupakan salah satu tokoh penyebar islam dan merupakan salah satu dari Wali Songo atau Sembilan Wali, Ia anak Sunan Ampel, yang berarti juga cucu Maulana Malik Ibrahim. Nama kecilnya adalah Raden Makdum Ibrahim. Lahir diperkirakan 1465 M dari seorang perempuan bernama Nyi Ageng Manila, puteri seorang adipati di Tuban.

Sunan Bonang bertempat di Pusat Kota Tuban lebih tepatnya berada di belakang Masjid Agung Tuban. Sunan Bonang didalam melakukan dakwah kepada masyarakat melalui pewayangan, instrumen gamelan, terutaman bonang, kenong dan kempul, wujil, macapat nyanyian Tombo Ati yang banyak dinyanyikan ulang pada zaman sekarang ini dan masih banyak lagi.

Lokasi Sunan Bonang terletak di desa Bonang merupakan makam yang ramai di kunjungi oleh peziarah yang datang ke Tuban. Pada Dasarnya Makam Sunan Bonang berada di 2 tempat yaitu di Bawean dan Tuban, dan dipercaya keduanya asli. Sunan Bonang wafat di pulau Bawean dan pada saat itu jenazah akan dikuburkan di Bawean akan tetapi murid-murid yang di Tuban menginginkan Jenazah tersebut dimakamkan di Kota Tuban. 

Lalu pada malam hari setelah wafatnya Sunan Bonang, sejumlah murid dari Sunang Bonang dari Tuban mengendap-ngendap ke bawean dan Mengambil Jenazah Sang Sunan, Esok harinya dilakukan pemakaman, Kuasa Allah.SWT, Jenazah Sunan Bonag tetap ada baik di Tuban maupun di Bawean, karena itu Makam Sunan Bonang berada di 2 tempat satu di pulau Bawean dan satunya berada di sebelah barat Masjid Agung Tuban, Desa Kutorejo, Tuban.


0 komentar:

Posting Komentar