Kamis, 26 Januari 2012

Database Link Oracle


Konsep utama dari sistem basisdata distribusi adalah database link. Database Link adalah suatu koneksi antara dua database fisik yang memungkinkan client untuk mengakses datanya sebagai satu databaselogic. Database link merupakan sebuah pointer yang didefinisikan sebagai satu-arah jalur komunikasi dari server Oracle Database kepada server database lainnya. Koneksi database link memungkinkan user-user lokal untuk mengakses data pada database remote. Agar koneksi ini berhasil, setiap database pada sistem distribusi harus memiliki global database name yang unik pada domain jaringan. Database link bisa bersifat private (pribadi) atau public (umum). Jika bersifat private, maka hanya user yang telah membuatnya memiliki akses dan jika link adalah public maka semua user database bisa menggunakannya untuk mengakases. Satu perbedaan signifikan mengenai database link adalah bagaimana caranya koneksi dengan database remote.

KONFIGURASI NET SERVICE

Sebelum membuat database link, kita harus membuat suatu net service yang menghubungkan database dikomputer master dengan komputer slave/Clien. Database master disini sebagai server sedangkan slave adalah sebagai client yang dapat mengakses database yang ada di database master. Konfigurasi net service ini dilakukan pada cliean/slave. Pada langkah ini, master host memiliki IP address 192.168.1.2 sehingga slave harus mendaftarkan IP tersebut pada net service untuk menghubungkan antara master dan slave. Untuk membuat net service, silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini:
1.  langkah pertama Klik -> Start -> Oracle OraDb10g_home1 -> configuration and migration Tools -> Net Manager.
2. Kemudian muncul tampilan pada gambar dibawah ini, Pilih Local -> Service Naming, setelah itu tambahkan net service baru dengan Klik tombol (+).
3. Setelah Klik tombol (+) akan muncul tampilan berikutnya, isikan Net service name (pada contoh ini saya menggunakan nama "db_rohman") kemudian Klik Next untuk melanjutkan.
4. Tampilan berikutnya pilih TCP/IP (Internet Protocol), karena settingan koneksi komputer kami menggunakan LAN (Local Area Network) dengan Settingan TCP/IP.
5. Selanjutnya akan muncul tampilan seperti pada gambar di bawah ini, Host name isikan Alamat IP dari komputer Master. pada contoh ini Komputer master kami memiliki IP Address 192.168.1.2, port biarkan secara default, dan lanjut Klik Next.
6. Tampilan berikutnya. Pilihlah pada (Oracle8 or Previous) SID dengan nama defaultnya yaitu ORCL. Lanjutkan Klik Next
7. Selanjutnya akan tampak tampilan berikut ini, Klik Test (Untuk mengecek koneksi dengan komputer master).
8. Kemudian Klik Change Login, untuk mensetting Username dan Pasword dari master.
9. Username yang dipakai adalah Scott dengan pasword Rohman
10. Silahkan lakukan Test, Apakah berhasil terkoneksi dengan komputer master atau tidak, dan pada gambar di bawah ini kita telah berhasil terkoneksi.
11. Setelah berhasil seperti pada gambar diatas kemudian Close dan Finish.
12. Kemudian Simpan Settingan Net Servicenya klik File -> Save Network Configuration
Nah selesai sudah kita melakukan Konfigurasi Net Service. Selanjutnya kita akan mencoba membuat database Link, pada percobaan di bawah ini.

PEMBUATAN DATABASE LINK

Host yang membuat database link adalah host sebagai Client / Slave.
Masuk kedalam oracle, Login sebagai System, setelah masuk. kemudian ketikan Query sebagai berikut, pada contoh ini kami membuat database link dengan nama "db_link"
create database link db_link
connect to scott identified by rohman
using 'db_rohman'
setelah selesai diketikan query pada contoh diatas, kemudian klik Execute. dan contoh diatas merupakan pembuatan database link yang berhasil "Database link created"
Setelah berhasil membuat database link sekarang kita mencoba untuk mengakses salah satu tabel yang ada pada komputer master. pada contoh ini komputer master terdapat tabel pembayaran. ketikan query seperti di bawah ini :
Select * from pembayaran@db_link
Di dalam percobaan diatas telah menampilkan data dari tabel pembayaran yang ada di komputer server / master melalui koneksi Database Link dengan nama "db_link" dan Slave / Client dapat mengakses karena database link tersebut mengidentifikasi username dan password dari user scott yang ada di master.
*Sumber Acuan (Ilmukomputer.com)

1 komentar:

  1. Terima Kasih Pak Atas tutorialnya ..
    artikel yang sangat bagus ..

    BalasHapus