Minggu, 29 Januari 2012

Listrik Prabayar


Bagaimana penggunaan LPB ?
  1. Setelah Meter dipasang oleh Petugas, pastikan bahwa Petugas telah mengaktivasi meter tersebut, dengan cara mencoba menghidupkan lampu atau peralatan lain dirumah anda, bila lampu tidak menyala berarti stroom belum masuk.
  2. Bila Setelah diaktivasi stroom belum bisa digunakan, mintalah kepada petugas agar saat itu/hari itu bisa diselesaikan, karena bila tidak listrik tidak akan dapat digunakan.
  3. Setelah listrik bisa digunakan, mintalah petunjuk sekali lagi pada petugas Cara mengisi stroom dan cara melihat sisa stroom.
  4. Mengingat stroom awal yang diisikan relatif kecil, disarankan anda segera membeli stroom sehingga dapat terhindar padam sewaktu-waktu.
  5. Perhatikan besarnya pemakaian anda setiap hari, sehingga anda dapat memperkirakan sisa stroom yang ada untuk berapa hari atau anda harus mengatur pemakaian listrik dirumah dengan cara hanya menggunakan peralatan/lampu seperlunya.
  6. Segera membeli stroom bila sisa stroom di bawah 25 kWh, dan segera isikan ke meter prabayar anda.

Bagaimana cara membeli stroom ?
  • Untuk memudahkan, catatlah nomor meter anda yang ada di Kartu Kendali (nomor meter terdiri dari sebelas angka) dan simpan di dompet anda atau anggota keluarga anda, perlu anda ketahui bahwa yang di sebut angka stroom yang tertulis di struk adalah angka Token (yang terdiri dari 20 angka).
  • Apabila anda membeli stroom di loket PPOB periksa angka stroom atau angka token, pastikan dapat dibaca, kalau perlu minta konfirm pada petugas loket.
  • Apabila anda membeli stroom lewat ATM segera salin angka stroom atau angka token yang ada di kertas struk ke kertas lain, karena angka stroom yang tertulis di struk ATM mudah terhapus/hilang.
  • Apabila struk pembelian stroom anda hilang/terhapus, segera menghubungi petugas loket dimana anda membeli stroom atau menghubungi 123 dan mintalah nomor stroom atau nomor token kepada petugas loket PPOB atau Petugas CC123 dengan menyebut nomor meter.
  • Konfirmasi nomor stroom/token yang hilang atau yang terhapus lewat call center 123 hanya dapat dilakukan setelah 1 hari dari tanggal pembelian.
  • Stroom yg anda beli hanya dapat digunakan oleh meter anda sendiri, tidak bisa digunakan di meter lain.

BAGAIMANA CARA MENGISI STROOM ?
  • Merk HEXING : tekan 20 angka sesuai angka stroom (angka token) yang tertera di kertas struk pembelian kemudian tekan tanda Enter.
  • Merk CONLOG : tekan 20 angka sesuai angka stroom (angka token) yang tertera di kertas struk pembelian
  • Merk STAR : Tekan 20 angka sesuai angka stroom (angka token) yang tertera di kertas struk kemudian tekan tanda Enter.
  • Merk Itron : Tekan 20 angka sesuai angka stroom (angka token) yang tertera di kertas struk pembelian kemudian tekan Enter.
BAGAIMANA MELIHAT SISA STROOM ANDA ?
  • Merk Hexing : Tekan angka 8, angka 0 dan angka 1 kemudian tekan tombol bertanda Enter . Di monitor akan muncul kredit xxxxx.
  • Merk Itron : di monitor atas tertulis kWh dan dibawahnya muncul angka xxxx.
  • Merk Star : Tekan angka 0, angka 7 kemudian tekan tombol Enter, dimonitor akan muncul angka xxxxx.
  • Merk Conlog : di monitor atas tertulis kWh dan dibawahnya muncul angka xxxx
BAGAIMANA BILA PENGISIAN STROOM SALAH TEKAN ?
  • Pastikan saat menekan tombol di meter sudah benar, bila salah untuk mengulangi tekan dulu tombol lurus, sehingga angka yg salah terhapus, kemudian tekan angka yg benar.
  • Bila angka yang anda masukkan benar, maka di monitor akan muncul tulisan : AccEPT.
  • Bila angka yang anda masukkan salah akan muncul tulisan rEJecT, segera ulangi pengisian stroom mulai dari awal.

informasi  : PT PLN (Persero)

0 komentar:

Posting Komentar