Kamis, 26 Januari 2012

DHCP Server dengan menggunakan Linux OpenSUSE


Konfigurasi DHCP Server
pada contoh berikut akan kami gunakan 2 komputer untuk percobaan. 1 komputer menggunakan Sistem Operasi Linux OpenSUSE dan 1 komputer lagi menggunakan Sistem Operasi Ms. Windows XP. Kedua komputer dihubungkan dengan menggunakan kabel UTP dengan konfigurasi Cross. Pada Sistem Operasi Linux OpenSUSE kita setting alamat IP melalui fasilitas Yast - Software - Network Settings, berikan alamat ip : 192.168.1.1 seperti pada gambar di bawah ini :
untuk komputer yang menggunakan Sistem Operasi Ms. Windows XP,  Settingan Alamat IP. tidak kita isi karena nantinya dengan otomatis akan mendapatkan Alamat IP. berikut konfigurasi DHCP Server pada Sistem Operasi Linux OpenSUSE :
1. Masuk kedalam Fasilitas Yast.
2. setelah muncul tampilan Yast, pilih Software - DHCP Server, kemudiaan pilih tab Global Setting, isikan apa yang ada pada gambar  dibawah ini :
3. setelah melakukan setting pada tab global setting, kita lanjut ke bawahnya pada Dynamic DHCP pada settingan berikut ini kita memasukan berapa ip yang akan digunakan didalam contoh ini IP rangenya adalah 192.168.1.2 - 192.168.1.10 jadi nantinya komputer client yang terhubung akan mendapatkan Alamat IP antara 192.168.1.2 - 192.168.1.10. berikut gambar contohnya :
4. kembali ke tab Start-UP jangan lupa Simpan konfigurasi yang telah kita lakukan dengan mengklik 'Save Settings and Restart DHCP Server Now' kemudian untuk menjalankan klik 'Start DHCP Server Now'. dan klik Finish.
5.  konfigurasi DHCP Server telah selesai sekarang untuk pengujiannya kita pindah pada komputer kedua yang menggunakan Sistem Operasi Ms. Windows XP, Disable dan Enable kan NIC pada Ms. Windows XP kemudian klik Start - Run - Ketikan CMD kemudian Enter. setelah tampilan Command Prompt / cmd muncul kita ketikan IPCONFIG. apakah sudah mendapatkan IP Dinamis.
Nah Percobaan Konfigurasi DHCP Server Menggunakan Linux OpenSUSE telah selesai...
semoga bermanfaat bagi anda..........? para pembaca ? :-)  Trima Kasih.............?

0 komentar:

Posting Komentar